ANALISA ASPEK CITRA VISUAL
Analisa Visual Pada Iklan Energen, Iklan The Body Shop dan Poster Film Parasite (2019)
Dikumpulkan untuk memenuhi tugas Ujian Akhir Semester Pengantar Komunikasi Visual
Dosen Pengampu : Wajar Bimantoro Suminto, Sn., M.Des
Disusun Oleh :
Nama : Yulia Fitri Rahmadini
NIM : 20.96.2034
Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ekonomi dan Sosial, Universitas AMIKOM Yogyakarta, 2020.
BAB I PEMBAHASAN
Contoh Visual 1
(Gambar 1)
Sumber : www.google.com
Iklan ENERGEN
Analisa Visual 1
Latar belakang : pemilihan poster iklan ini dilatar belakangi karena Energen merupakan salah satu produk makanan yang sangat diminati masyarakat, dan visualisasi dari iklan yang ditayangkan sangat menarik walaupun hanya berdurasi 30 detik namun pesan yang disampaikan oleh iklan energen mudah untuk diterima oleh khalayak karena sudah terdapat banyak tanda atau sign yang dimasukan ke dalam iklan energen.
Iklan energen termasuk ke dalam citra visual pragmatis. Visual pragmatis merupakan aspek citra visual yang mempelajari teknis dan praktis suatu produk, bagaimana suatu produk itu bisa diproduksi dari formula atau bahan apa saja yang digunakan hingga tata cara meproduksinya dan memaparkan detail material yang digunakan dalam proses produksi.
Analisa menggunakan Teori Semiotika
(gambar 2)
Sumber : google.com
Qualisigns : merupakan tanda yang mewakilkan suatu sifat, dalam iklan energen ini terdapat berbagai varian rasa, untuk membedakannya energen menggunakan warna yang berbeda-beda dengan tujuan memberikan infomasi variannya. Contohnya: varian kacang ijo di desain dengan warna hijau.
(gambar 3)
Sumber : google.com
Legisign : tanda mengangkat lengan pada iklan ini mengandung makna kuat dan sehat, energen ingin menyampaikan bahwa jika mengonsumsi produknya maka anda akan menjadi kuat dan sehat karena meminum makanan yang kaya akan nutrisi. Iklan energen memvisualisasikan dengan tanda produknya berbentuk seperti manusia yang penuh energi.
(gambar 4)
Sumber : google.com
Sinsign : pada iklan ini terdapat tanda yang berkaitan dengan kenyataannya, poduk energen yang sudah diseduh dengan air panas dan adanya uap menmenandakan bahwa produknya sudah dapat disajikan.
(gambar 5)
Sumber : google.com
Icon : pada gambar iklan berikut terdapat berbgai icon yang mempunyai pesan dari tanda masing-masing. Terdapat icon yang berbeda-beda disetiap kemasan pada gambar iklan ini, varian jahe dengan warna kemasan merah terdapat icon jahe untuk menandakan bahwa produk itu mengandung kandungan dan rasa jahe. Kemasan hijau dengan varian kacang hijau terdapat icon kacang hijau yang menandakan variannya. Kemasan kuning dengan varian jagung terdapat icon jagung dan varian vanilla yang terdapat icon bunga vanilla pada kemasannya. Pada setiap kemasan terdapat juga icon susu dan sereal untuk menandakan produk ini mengandung susu dan juga sereal.
Simbol : sebuah brand tidak dapat dipisahkan dengan simbol ataupun logo, pada kemasan produk energen terdapat simbol energen yang sangat kontras di bagian atas kemasan dengan font yang berukuran besar berwarna merah solid dengan poin bold.
(gambar 6)
Sumber : youtube.com
(gambar 7)
Sumber : youtube.com
Indeks : anak yang mengkonsumsi energen sebagai menu sarapan di pagi hari akan membuat anak bersemangat dan berenergi untuk melakukan aktivitas lainnya seperti olahraga. Hal ini disualisasikan oleh energen melalui video iklan.
(gambar 8)
Sumber : google.com
Dimensi semantik : pada video iklan energen ada scene dimana orang yang mengonsumsi energen akan merasakan hangat di tenggorokan dan tubuh, pada video iklan ini divisualisasikan dengan seseorang yang mengatakan “aahh” setelah merasakan nikmatnya kehangatan produk .ini yang dikonsumsi saat masih hangat, dalam hal ini adanya hubungan antara ekspresi dengan objek yang dipresentasikan.
BAB II PENUTUP
Analisa semiotika pada iklan energen menggunakan beberapa sign atau tanda yang memiliki makna tersendiri, energen memiliki berbagai varian dalam produksi untuk memuaskan konsumen dalam memilih rasa, dengan beragamnya varian tersebutpun energen tidak hanya memiliki satu kemasan atau packaging, setiap varian memiliki tanda dan makna tersendiri dengan menambahkan icon icon varian rasa pada kemasan. Dalam iklan audio visual energen memvisualisasikan produknya dengan berbagai inovasi juga, seperti bentuk rekayasa susu energen yang berbentuk manusia sehat penuh energi untuk menandakan orang yang mengkonsumsinya akan menjadi berenergi dan penuh semangat, energen menggunakan simbol dengan nama brandnya sendiri di setiap kemasan.
BAB I PEMBAHASAN
1.1 Contoh Visual 2
(gambar 1)
Sumber : www.google.com
Poster Iklan The Body Shop
1.2 Analisa Visual 2
Latar belakang : pemilihan poster The Body Shop ini dilatar belakangi karena saya sangat tertarik dengan iklan The Body Shop yang menggunakan nuansa alami pada iklannya. The Body Shop merupakan produk kecantikan yang berasal dari Britania Raya yang sangat popular di dunia maupun di tanah air. Produk The Body Shop menggunakan bahan bahan alami yang berasal dari alam, dengan formula tersebut iklan The Body Shop pun menggunakan konsep alam.
Iklan The Body Shop juga termasuk ke dalam aspek cita visual pragmatis. Aspek visual pragmatis merupakan aspek citra visual yang membahas tentang teknis dan praktis bagaimana suatu produk bisa di produksi, bahan atau formula apa saja yang digunakan dalam proses produksi, tata cara produksi dan juga membahas detail dari material yang digunakan dalam proses produksi.
Analisa menggunakan teori semiotika
(gambar 2)
Sumber : google.com
Quaisign : backround dari poster iklan The Body Shop maupun packaging produknya berwarna hijau untuk menandakan bahwa produknya memang benar benar dari alam dan tidak ada kandungan kimia apapun
(gambar 3)
Sumber : google.com
Legisign : The Body Shop juga mengajak para konsumennya dan masyarakat untuk tetap berprilaku baik terhadap bumi dengan mendaur ulang sampah plastik, The Body Shop menyediakan tempat untuk para konsumen untuk mengembalikan packaging produk The Body Shop jika sudah habis utuk di daur ulang hingga tidak akan menambah sampah plastik dan dapat melindungi bumi. Hal itu divisualisasikan oleh The Body Shop dalam poster iklan mereka dengan seorang wanita yang menggegam objek yang mewakili bumi dengan warna hijau dan putih agar terlihat persis dengan bumi beserta isinya, dan disampingnya didesain dengan tulisan “LOOK GOOD FEEL GOOD DO GOOD” dengan waena kombinasi hijau dan putih dengan poin bold.
(gambar 4)
Sumber : google.com
Sinsign : dengan menggunakan The Body Shop sebagai produk perawatan kecantikan dengan itu konsumen akan merasa cantik dan percaya diri. Dalam video iklan The Body Shop tersebut diperlihatkan bahwa wanita yang terlihat bahagia setelah menggunakan produk ini akan menjadi cantik dan percaya diri.
(gambar 5)
Sumber : google.com
icon : pada poster iklan The Body Shop terdapat beberapa icon yaitu tulisan The Body Shop beserta logonya ditulis dengan kumpulan buah buahan dan juga bunga, seperti buah alpukat, kiwi, lemon yang merupakan formulasi dari produk tersebut dan untuk menandakan konsep alam The Body Shop, adapun icon tumbuh tumbuhan yang dibuat seperti mahkota untuk menekankan pesan bahwa produknya benar benar berasal dari alam.
(gambar 6)
Sumber : google.com
Simbol : karena konsep The Body Shop menggunakan konsep alam mereka menggunakan simbol seperti daun yang berwarna hijau yang melingkari nama brand The Body Shop. Simbol berbentuk daun menandakan bahwa formula dari The Body Shop seluruhnya berasal dari alam dan juga ditekankan dengan warna hijau tumbuhan, bentuk melingkar menandakan bahwa produk The Body Shop mencakup alam dan akan kembali melindungi alam.
(gambar 7)
Sumber : google.com
Indeks : warna hijau pada produk ini diakibatkan karena adanya kandungan tea tree atau daun teh sehingga produknya berwarna hijau.
(gambar 8)
Sumber : google.com
Dimensi simantik : pada video iklan ini terlihat orang yang memakai produk The Body Shop akan menjadi cantik alami, visualisasi orang yang bahagia setelah memakai produk The Body Shop sesuai dengan pesan yang ingin disampaikan dan mewakili objek yang di presentasikan.
BAB II PENUTUP
The Body Shop merupakan produk yang konsisten dalam memvisualisasikan produknya. Pada iklan The Body Shop berfokus pada konsep alam yang selalu mempresentasikan konsepnya di poster iklan, video iklan maupun di packaging produknya, poster iklan The Body Shop selalu menggunakan backroud berwarna hijau karena hijau mempresentasikan alam, icon yang ditemukan di iklan The Body Shop adalah buah-buahan dan tumbuhan lainnya seperti bunga, karena formulasi dan bahan produk ini murni dari alam tanpa menambahkan kandungan kimia apapun ataupun kandungan lainnya. Dalam simbolpun The Body Shop tetap menggunakan warna hijau. Dalam iklan audio visual The Body Shop mengajak masyarakat untuk kembali melindungi alam dengan cara mendaur ulang sampah plastik
BAB I PEMBAHASAN
Contoh Visual 3
(gambar 1)
Sumber : www.google.com
Poster film Parasite
Analisa Visual 3
Latar belakang : pemilihan poster film ini dilatar belakangi karena film ini sangat menarik karena memperlihatkan adanya kesenjangan sosial di masyarakat, terutama sangat terlihat pada golongan status sosial tinggi dan rendah. Parasite merupakan film korea selatan yang menang Oscar pada tahun 2020, pada poster film Parasite (2019) ini menggunakan visualisasi yang relate dengan isi film dengan menampilkan dua buah keluarga dengan golongan sosial yang berbeda, ada yang berpakaian elite dan kumuh.
Aspek citra visual yang terdapat pada film adalah aspek cita visual nilai tambah karena memperlihatkan masalah sosial yang terjadi di film ini. Aspek citra visual nilai tambah merupakan citra visual yang bertujuan untuk mengajak masyarakat untuk melihat dan peduli terhadap lingkungan dan masalah sosial yang sedang terjadi di masyarakat dan merupakan desain yang berkelanjutan.
(gambar 2)
Sumber : google.com
Qualisign : pada poster film ini visual gambar yang digunakan berupa tangga, yang menandakan adanya tingkatan kelas sosial pada film ini, tangga atas menandakan kelas sosial seseorang yang tinggi dan di tandai dengan warna biru yang menandakan kehidupan pada kelas sosial atas pada film ini penuh dengan kenyamanan. Disamping itu, ada tangga bawah yang menandakan kelas sosial rendah dan berwarna merah untuk menandakan kesengsaraan dan kesulitan dalam menghadapi kehidupan pada film ini.
(gambar 3)
Sumber : google.com
(gambar 4)
Sumber : google.com
Legisign : pada film ini ada scene dimana seorang perempuan yang memberikan kode dengan tangannya kepada orang lain untuk menandakan stop atau berhenti.
(gambar 5)
Sumber : google.com
Sinsign : pada film ini juga ada scene dimana para pemain menjerit dengan ekspresi panik yang menandakan ketakutan.
(gambar 6)
Sumber : google.com
Icon : pada poster film ini terdapat icon setengah kaki manusia yang menandakan mayat karena pada film ini ada seseorang yang terbunuh akibat dibunuh oleh suatu keluarga, terdapat 4 orang lainnya pada poster ini yang mewakilkan dua keluarga kaya dan miskin pada film ini. Adapula rumah yang menjadi backround dari poster ini yang menandakan latar tempat kejadian dominan pada film ini, dan dua orang lainnya yang tengah bersantai di halaman rumah yang menandakan orang kaya yang hidup dengan kenyamanan.
Simbol : simbol film ini juga terdapat pada poster film dengan tulisan judul film PARASITE poin bold dan berwarna putih solid yang menandakan karakteristik film Parasite.
(gambar 7)
Sumber : google.com
(gambar 8)
Sumber: google.com
Indeks : pada film Parasite ada scene yang menunjukkan sebab akibat terjadinya suatu peristiwa dimana banjir pada film ini yang disebabkan karena hujan deras
BAB II PENUTUP
Film Parasite (2019) ini memperlihatkan masalah sosial yaitu ketimpangan sosial yang saat ini banyak terjadi di masyarakat. Visualisasi yang banyak digunakan pada film ini yaitu sesuatu yang mewakilkan perbedaan yang sangat kontras, seperti warna biru dan merah yang di padukan dalam satu frame yang semakin memperjelas makna film ini. Icon yang di tampilkan merupakan karakteristik dari golongan kelas sosial tinggi dengan menampilkan rumah mewah dan besar yang dijadikan sebagai backround dari poster film ini.
BAB III DAFTAR PUSTAKA
Putra, Ricky W. 2020. Pengantar Desain Komunikasi Visual Dalam Penerapan. Yogyakarta: Penerbit ANDI.
Baryadi, I. Praptomo. 2007. Teori Ikon Bahasa : Salah Satu Pintu Masuk Ke Dunia Semiotika. Yogyakarta: SANATA DHARMA UNIVERSITI PRESS.
Lantowa, Jafar. dkk. 2017. Semiotika Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Yogyakarta: DEEPBUBLISH.
Taum, Yoseph Yapi. 2018. Kajian Semiotika Godlob Danarto Dalam Perspektif Teeuw. Yogyakarta: SANATA DARMA UNIVERSITY PRESS.
Hermawan, Budi. dkk. 2020. Analisis Multimodal Pada Buku Teks Sains. Jawa Barat: UPI PRESS
https://images.app.goo.gl/2JogjMPPUogpCkbLA diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 19:56 WIB (Gambar 1 dan 5 analisa 1)
https://images.app.goo.gl/C7oz7w7r7a6BvnQ18 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 19:58 WIB (Gambar 2 analisa 1)
https://images.app.goo.gl/Z1qqnMNjx8yGsZ58A diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:01 WIB (Gambar 3 analisa 1)
https://images.app.goo.gl/UqNYpWhWtK3SkNeV7 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:03 WIB (Gambar 4 analisa 1)
https://youtu.be/FS7XNURDMd8 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:07 WIB (Gambar 6 dan 7 analisa 1)
https://images.app.goo.gl/owZtYQYZqdQ5G3jg6 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:09 WIB (Gambar 8 analisa 1)
https://images.app.goo.gl/GQEiP9Q1BV5zCLt46 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:12 WIB (Gambar 1 analisa 2)
https://images.app.goo.gl/g7zPizzSuuQawgMF7 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:20 WIB (Gambar 3 analisa 2)
https://images.app.goo.gl/Y8hsEAnA3R8AJPRZ8 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:25 WIB (Gambar 5 analisa 2)
https://images.app.goo.gl/d7KgRBNLojaw7KDU8 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:26 WIB (Gambar 6 analisa 2)
https://images.app.goo.gl/vgxJ5PLUJoe1ojx96 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:31 WIB (Gambar 7 analisa 2)
https://images.app.goo.gl/MznZCm2218fdyNNf6 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:36 WIB (Gambar 1 analisa 3)
https://images.app.goo.gl/LjSxzLhtL9tTKCYk9 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:39 WIB (Gambar 2 analisa 3)
https://images.app.goo.gl/P8sGXNwuC54qGUmZ6 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:42 WIB (Gambar 3 analisa 3)
https://images.app.goo.gl/WHLydHfRCse2pkDV8 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:47 WIB (Gambar 4 analisa 3)
https://images.app.goo.gl/TDQH8eDqMA92Y5vw8 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:52 WIB (Gambar 6 analisa 3)
https://images.app.goo.gl/qeMg5nkwrRAqn9x66 diunduh pada 19 Januari 2021 pukul 20:54 WIB (Gambar 7 analisa 3)
Comments
Post a Comment